Kepala DPMD Banten tinjau penyaluran BLT-Dana Desa tahap satu

Kepala DPMD Banten tinjau penyaluran BLT-Dana Desa tahap satu

DPMD Banten -  Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Banten, Dr. Dra Enong Suhaeti M.Si meninjau Penyaluran Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (BLT-DD) tahap I (satu) di kabupaten Tangerang,  tepatnya Desa Karang Anyar Kecamatan Kemiri. (30/05/2020)

Enong Suhaeti berharap para penerima bantuan dapat merasakan manfaat dari BLT-DD dan menggunakannya secara bijaksana

Penyaluran BLT-DD dihadiri pula oleh perwakilan Koramil, Polsek, BPD dan Pendamping Lokal Desa setempat.

BLT-DD sendiri adalah bantuan dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI untuk penduduk miskin yang bersumber dari Dana Desa. BLT-DD telah diatur dalam Permendesa Nomor 6 Tahun 2020 tentang Perubahan Permendesa Nomor 11 Tahun 2020 yang mengatur tentang Prioritas Penggunaan Dana Desa (DD) Tahun 2020.

Isi Peraturan Menteri tersebut antara lain:

1.  Sasaran penerima BLT-DD merupakan keluarga yang kehilangan mata pencaharian atau pekerjaan, belum terdata menerima Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), dan kartu pra kerja, serta yang mempunyai anggota keluarga yang rentan sakit menahun/kronis.

2.  Mekanisme Pendataan dilakukan oleh Relawan Desa lawan COVID19 hasilnya dibawa ke Musyawarah Desa Khusus/musyawarah insidentil untuk validasi dan finalisasi data, selanjutkan dilaporkan kepada Bupati melalui Camat.

3.  Metode perhitungan penetapan jumlah penerima manfaat BLT-DD sebesar 25% untuk DD kurang dari 800 juta, 30 % untuk DD 800 juta - 1,2 Milyar, dan 35% untuk DD diatas 1,2 Milyar.

4.  Setiap penerima BLT-DD setiap bulan menerima Rp 600 ribu per kepala keluarga.