Selaraskan dan Optimalkan Program Pemberdayaan Untuk Kemajuan Desa

Selaraskan dan Optimalkan Program Pemberdayaan Untuk Kemajuan Desa

DPMD Banten - Manfaat pemberdayaan masyarakat dan peranannya dalam pembangunan semakin hari semakin terasa oleh masyarakat. Hal ini bisa terlihat melalui sejumlah program pemberdayaan yang ada di masyarakat saat ini dan sinkronisasi didalamnya merupakan sebuah tatanan yang bisa dianggap paling mendekati dalam konteks pembangunan masyarakat.

Seiring dengan hal tersebut, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa sebagai OPD yang membidangi pemberdayaan masyarakat dan desa mengemban amanat yang luar biasa dari pemerintah Provinsi Banten untuk melakukan upaya pemberdayaan masyarakat dan desa.

Jika tahun 2019 ini DPMD melaksanakan 4 (empat) program yang diimplementasikan melalui 20 kegiatan,  namun pada tahun 2020 nanti akan melaksanakan 4 (empat) program yang diimplementasikan melalui 17 kegiatan, dengan Indikator Kinerja Utama (IKU) yaitu memberdayakan lembaga ekonomi desa dan lembaga kemasyarakatan desa di 20 desa tertinggal, diantaranya :

 

Kabupaten Serang : desa cikolelet, desa bunihara, desa kosambironyok, desa banjarsari

Kabupaten Pandeglang : desa cikayas, desa citaman, desa tenjolahang, desa banyubiru, desa mandalawangi, desa curuglemo, desa kurungkambing

Kabupaten Lebak  : desa cikadu, desa luhurjaya, desa cisungsang, desa citorek kidul,  desa lebakgedong, desa ciladaeun, desa lebaktipar

Kabupaten Tangerang : desa jeungjing, desa bojong loa

 

 

Berdasarkan hal tersebut diatas, pada semester II tahun anggaran 2019 ini DPMD menggelar Rapat Koordinasi Bidang (Rakoorbid) Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, ini upaya untuk melakukan koordinasi bersama OPD Kabupaten dan mitra kerja di lingkup Provinsi Banten yang menangani urusan tersebut. Guna mengetahui sejauhmana capaian yang telah kita laksanakan serta bagaimana output yang kita peroleh terkait pemberdayaan masyarakat dan desa di Provinsi Banten.

 

 “Pertemuan ini merupakan langkah untuk menegaskan kembali komitmen kita bersama dalam upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat Banten yang kita cintai dan yang kita lakukan melalui upaya menjalin sinergi khususnya di bidang pemberdayaan masyarakat dan desa.” Hal tersebut disampaikan langsung oleh Plt DPMD Provinsi Banten Dr. Dra Enong Suhaeti, M.Si saat membuka acara rakoorbid di Aula Inspektorat Provinsi Banten.

 

Peserta rapat koordinasi bidang pemberdayaan masyarakat dan desa provinsi banten tahun 2019  berjumlah 75 orang yang terdiri dari OPD di kabupaten, Lembaga kemasyarakatan mitra DPMD Provinsi Banten, Pemerintahan desa dan Tenaga Pendamping Profesional Desa. dengan narasumber berasal dari Ditjen PPMD Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal Dan Transmigrasi dan Kepala Bidang Sosial dan Pemerintahan BAPPEDA Provinsi Banten.

 

Harapan DPMD kedepan sebagai pihak yang membidangi urusan pemberdayaan masyarakat dan desa semakin solid, peduli dan lebih peka terhadap kebutuhan masyarakat dan desa sehingga dapat memberikan dampak yang signifikan terhadap meningkatnya keberdayaan dan kemandirian masyarakat dan desa di Provinsi Banten.