Desa Hegarmanah, Cibeber - Lebak


DPMD Banten – Sebuah Desa Wisata memiliki potensi kepariwisataan yang menarik minat pengunjung, terutama masyarakat di perkotaan. Daya tarik tersebut dapat berasal dari alam, sosial budaya, bahkan bangunan peninggalan atau situs budaya yang dimiliki, dan ternyata di wilayah Provinsi Banten banyak potensi tersebut yang dapat dikembangkan menjadi destinasi wisata desa.

DPMD Provinsi Banten melalui program dan kegiatan pemberdayaan masyarakat dan Desa, mendorong Desa (Pemerintah Desa) untuk berinovasi melakukan pengelolaan potensi desa yang tidak hanya memiliki daya tarik saja, namun juga memiliki daya ungkit terhadap pertumbuhan kesejahteraan (ekonomi) masyarakat desa dan memaksimalkan Pendapatan Asli Desa (PADes) melalui pengelolaan potensi wisata yang dimiliki Desa oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) sebagai suatu wadah di Desa yang mengedepankan pola pemberdayaan masyarakat.

Desa Hegarmanah yang terletak di Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak - Banten yang ditempuh 5-6 jam perjalanan dari Ibukota Provinsi, merupakan salah satu Desa yang memiliki beragam potensi wisata. Meskipun “potensi” tersebut bukanlah “asset” desa, namun Pemerintah Desa mampu berimprovisasi dan berinovasi menggagas kerjasama antara Desa dengan pemilik asset yang ada di wilayah Desa.

Pemerintah Desa Hegarmanah bekerjasama dengan perusahaan pengelola perkebunan teh seluas 120 hektar melalui pengembangan bersama “Wisata Kebun Teh Organik Harendong”, melalui BUMDes dilakukan penataan dan pengelolaan tiket masuk dan parkir objek wisata. Dengan tiket 10 ribu, pengunjung disuguhi kesejukan dan keindahan perkebunan lengkap dengan spot-spot selfie yang disediakan serta mendapatkan gratis teh dalam kemasan

Karjasama lainnya yang dilaksanakan yaitu dengan Taman Nasional Gunung Halimun Salak. Pengembangan dan pemanfaatan hutan damar dan pinus di “Lebak Damar” dan “Curug Ciporolak” sebagai objek wisata di area TNGHS dikelola bersama oleh Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan Karang Taruna dengan menyediakan pojok swafoto yang unik serta menyediakan pemandu wisata sebagai bagian dari upaya Pemerintah Desa dalam memberdayakan masyarakatnya.

Kawasan wisata Hegarmanah ini dikembangkan dengan tujuan diantaranya untuk mengurangi angka pengangguran di desa, meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan kontribusi terhadap pendapatan asli desa (PADes). Dan masih banyak rencana pengembangan lainnya yang digagas oleh Kepala Desa Hegarmanah, kita tunggu kejutan berikutnya.

Dengan potensi desa yang mampu dikenali, dikelola dan membawa masyarakat desa untuk berpartisipasi aktif, maka eksistensi Desa dapat terus dijaga dan salah satunya dapat mencegah terjadinya urbanisasi.

Mari kenali dan kelola potensi desa kita!


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan