Profil Desa Sebagai Sumber Informasi Potensi Desa


DPMD Banten - Profil Desa mempunyai peran yang penting dalam pembangunan desa karena profil desa merupakan sumber data dan informasi tentang desa yang sangat akurat. Perencanaan pembangunan tidak akan berarti tanpa adanya data dan informasi yang berasal dari profil desa. Profil desa itu disusun berdasarkan data dan informasi yang akurat, realistis, logis dan up to date yang disusun dari tingkatan paling bawah yaitu desa.

Apalagi dengan kemajuan teknologi informasi di mana profil desa dapat diakses melalui website profil desa/kelurahan (prodeskel) yang akan memudahkan masyarakat luas untuk mengetahui tentang apa yang ada di setiap desa.

Kementerian dalam negeri melalui direktorat jenderal bina pemerintahan desa telah mengembangkan konsep basis data sebagaimana yang ditunjukkan dalam peraturan menteri dalam negeri nomor 12 tahun 2007 tentang pedoman penyusunan dan pendayagunaan profil desa dan kelurahan.

Pendayagunaan data Profil Desa diarahkan pada pemanfaatan data dasar keluarga, data potensi desa serta data tingkat perkembangan desa sebagai data dasar pelaku pembangunan dalam mendukung perencanaan, pengorganisasian, kegiatan penaggulangan kemiskinan, pemberdayaan masyarakat, pelayanan publik, pelaksanaan evaluasi, pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan desa dan lembaga kemasyarakatan.

Penyusunan Profil Desa sampai saat ini masih belum maksimal karena data profil desa yang ada belum menyajikan data yang lengkap, akurat dan logis. Untuk itu perlu adanya sinergitas antar pemerintah pusat, daerah dan desa dalam pelaksanaan Profil Desa. Sehingga nantinya profil desa yang sudah tersusun akan dapat dijadikan rujukan dalam pengambilan kebijakan perencanaan program kegiatan di desa.

 “Kegiatan ini dirasa penting karena Profil Desa yang lengkap dan selalu ter-update akan menjadi dasar pengambilan sebuah kebijakan pembangunan sekaligus untuk menghindari dari salah sasaran dalam pelaksanaan pembangunan dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat. Bahkan profil desa dengan gambaran lengkap pun akan memudahkan pihak swasta untuk berpartisipasi dalam proses pembangunan di desa, pihak swasta melalui dana corpoorate social respontibility (CSR)-nya akan mengetahui apa yang menjadi kebutuhan prioritas di setiap desa”. Hal ini disampaikan oleh Plt Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi Banten, Enong Suhaeti dalam kegiatan Penyusunan Profil Desa dan Kelurahan Tahun Anggaran 2019 yang telah dilaksanakan sebanyak 4 angkatan.

Hadir pula pada kegiatan yang bertempat di Aula Dinas Pariwisata Provinsi Banten tersebut, Ditjen Bina Pemerintahan Desa Kementerian Dalam Negeri yang menjadi Narasumber Pusat.


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan