Sempat Mandek, Kini DPMD Banten Fokuskan Program Inovasi Desa


 

Vetra.co.id – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Provinsi Banten akan fokus melakukan inovasi desa yang digagas oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi.

Hal itu dikatakan Tenaga Ahli Madya Pengelolaan Pengetahuan Program Inovasi Desa Provinsi Banten (TAM PP PID) M Ilham Gilang dalam rilis yang diterima vetra.co.id, Jumat (13/7/2018).

”Kita akan mendorong desa-desa di Banten lebih inovatif dengan sentuhan teknologi dan ilmu pengetahuan,” katanya.

Program tersebut, kata Gilang, sudah diluncurkan sejak 2017 lalu. Namun, belum sempat berjalan karena waktu yang cukup mepet dalam pelaksanaan, sehingga baru bisa direalisasikan di tahun 2018.

 

“Maka hari ini, kami dari DPMD kabupaten di Banten kumpul untuk menyamakan persepsi dan langkah ke depan dalam melaksanakan inovasi desa,” ujar dia.

Dijelaskan Gilang, ada perubahan skema dalam melaksanakan program inovasi desa dengan tahun sebelumnya. Perubahan tersebut lebih memudahkan tiap desa memanfaatkan tenaga profesional untuk pembangunan dengan dihadirkan oleh penyedia peningkatan kapasitas teknis desa.

“Harapannya desa bisa berinovasi dengan komitmen yang diwujudkan dalam RKPDes dan dianggarkan dalam APBDes,” ujarnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas DPMD) Provinsi Banten, E Suhaeti mengatakan program inovasi desa menjadi agenda yang sangat penting dilakukan, agar penyerapan Dana Desa bisa dipergunakan secara efektif dan efisien untuk mengangkat kesejahteraan dengan pertisipasi aktif masyarakat desa.

“Desa-desa di Banten sangat kaya dengan keindahan alam dan kearifan lokal yang bisa menjadi modal pembangunan di desa,” katanya. 

Sumber Berita Klik Disini


Twitter


Facebook


Tentang Kami


Statistik Kunjungan