BUMDes Kabupaten Serang Dilirik Pusat, Ingin Dijadikan Desa Mandiri

BUMDes Kabupaten Serang Dilirik Pusat, Ingin Dijadikan Desa Mandiri

SERANG,jejakbanten.com – Badan Usaha Milik Daerah (BUMDes) Cahaya Paku Banten yang berada di Desa Sukatani, Kecamatan Cikande, Kabupaten Serang akan mendapatkan bantuan dari pusat. Pasalnya, mereka dilirik oleh DPR RI dan Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemen DPDTT), supaya jadi desa yang mandiri.

Kepastian itu mencuat, saat Anggota Komisi V DPR RI Tubagus Haerul Jaman dan yang lainnya melakukan Kunjungan kerja, Monitoring dan Evaluasi Bantuan Modal Usaha Ekonomi Masyarakat Desa bersama Kemen DPDTT di BUMDes Cahaya Buana Paku Banten, Kamis (25/3/2021).

“Kami rombongan Komisi V lakukan kunjungan kerja di Desa Sukatani untuk melihat BUMDes Cahaya Buana Paku Banten yang sudah berjalan,” ujar Jaman.

Turut hadir Wakil Ketua Komisi V DPR sekaligus Ketua Tim Kunker Muhammad Arwani Thomafi beserta anggota Komisi V DPR lainnya, Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Harlina Sulistyorini, Wakil Bupati Serang Pandji Tirtayasa, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Provinsi Banten Enong Suhaeti, Kepala DPMD Kabupaten Serang Rudy Suhartanto unsur Muspika kecamatan, Kades Sukatani dan Direktur BUMDes Sukatani.

Berdasarkan hasil kunker, Politisi Partai Golkar ini mengaku jika Komisi V dan Kemen DPDTT memuji perkembangan BUMDes Cahaya Buana Paku Banten. Mengingat, salah satu BUMDes binaan Komisi V dan Kementerian DPDTT.

“Tentunya kami berharap dan ingin mendorong ketika ada keinginan lebih berkembang lagi BUMDes di Desa Sukatani tersebut. Komisi V dan Kemendes siap membantu untuk bantuannya. Begitupun Pemkab Serang dan Pemprov Banten semuanya harus menyuport, mendukung secara keseluruhan untuk BUMDes Sukatani ini,” ajak Jaman.

Selain bantuan keuangan untuk BUMDes, Anggota DPR RI asal daerah pemilihan (dapil) Banten II itu memastikan akan menyalurkan bantuan dari berbagai program. Hal tersebut pun diamini oleh para Anggota Komisi V DPR RI lainnya.

“Apa yang sudah disampaikan teman-teman, mudah-mudahan kita berkomitmen memberikan support dari berbagai program agar bisa masuk Desa Sukatani. Diharapkan, Desa Sukatani bisa menjadi desa mandiri ke depannya dengan didukung oleh semua pihak. Jadi ketika kita saling mendorong, harapan kemajuan bangsa salah satunya dari kemajuan pedesaan,” tuturnya.

Senada dikatakan Direktur Jenderal Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, Harlina Sulistyorini. Pihaknya akan meminta kepada Komisi V DPR RI untuk penambahan anggaran guna BUMDes lebih besar lagi.

Harlina pun meyakini, jika keinginan Direktur BUMDes Cahaya Buana Paku Banten ingin berlari cepat untuk terus mengembangkan BUMDes akan terealisasi. “Insya Allah tahun 2021 akan terealisasi bantuan sehingga BUMDes bisa berlari lebih cepat lagi,” janjinya.

Wakil Bupati Serang, Pandji Tirtayasa mengucapkan terima kasih kepada pihak Kementerian dan Komisi V DPR RI khususnya Anggota Komisi V Dapil Banten, Tubagus Haerul Jaman. Atas kepeduliannya, sudah banyak program Pemerintah Pusat yang direalisasikan di wilayah Kabupaten Serang. “Terimakasih kepada pak Haerul Jaman yang peduli, dan telah banyak memberikan perhatian kepada masyarakat Kabupaten Serang,” jelasnya.

Dikatakan Pandji, berkembangnya BUMDes tidak terlepas atas berkembangnya para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). “BUMDes merupakan mesin ekonomi masyarakat desa agar bisa mengembangkan kemampuan ekonomi masyarakat di desa ini,” jabarnya.

Direktur BUMDes Cahaya Buana Paku Banten, Said Elhasan menerangkan bahwa BUMDes yang dikelolanya berdiri sejak tahun 2018. Pihaknya berharap, dengan kunjungan kerja saat ini bisa menjadi sebuah catatan DPR RI dan Kemendes atas fakta di masyarakat.

“Pada prinsipnya kami ingin maju. Usaha kami sekarang yang sudah berjalan sebagai pengelolaan limbah yang bekerjasama dengan perusahaan industri,” pungkasnya.(ar/jb)

 

Sumber berita klik disini