BPK RI Pusat kunjungi DPMD Banten terkait BLT Dana Desa

BPK RI Pusat kunjungi DPMD Banten terkait BLT Dana Desa
BPK RI Pusat kunjungi DPMD Banten terkait BLT Dana Desa

DPMD Banten -  Kedatangan tim dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Pusat ke DPMD Banten (24/08/2020). ini bukan untuk melakukan pemeriksaan melainkan untuk mengumpulkan data terkait penyaluran Bantuan Langsung Tunai dari Dana Desa di wilayah provinsi Banten.

Diterima langsung oleh Kepala DPMD Banten, Enong Suhaeti diruang rapat, BPK RI Pusat menjelaskan tujuannya berada di Banten selama kurang lebih 10 hari kedepan adalah untuk pengumpulan data terkait bantuan langsung tunai dari kementerian desa, diharapkan dari data tersebut dapat diketahui kendala dan permasalahan dihadapi dilapangan sehingga bisa meminimalisir kesalahan dalam penyaluran bantuan dari dana desa kedepannya.

Selama di Banten, Tim dari BPK RI Pusat dijadwalkan mengunjungi Dinas PMD Kabupaten dan beberapa desa di Kabupaten Serang, Lebak dan Pandeglang. Adapun beberapa data yang dikumpulkan seperti Keputusan tentang Pembentukan Tim Relawan COVID-19, Peraturan Kepala Desa tentang BLT-DD, Data KPM BLT-DD/Data Penerima BLT-DD, Berita Acara dan Notulensi Musdes/Musdessus tentang Penetapan Penerima BLT-DD, Berita Acara dan Notulensi Musrenbangdes.

Penyerapan BLT-DD di provinsi Banten sendiri pertanggal 24 agustus 2020 telah mencapai 212,5 Milyar rupiah dan dibeberapa daerah sudah sampai tahap IV.